27
Jan
11

Tegal Laka-Laka

Minggu kemarin giliran saya yang ke tempat suami di Tegal. Yah, beginilah kalau LDR, demi ketemu tiap minggu, ratusan kilo tak tempuh, mung keroso sak nyuk (lha iya, di jalan tidur terus) . Minggu lalu kita uda ke Semarang. Minggu kemarin ke Tegal, Minggu besok suami ke Jakarta. Fiuuhh.. Cintaku berat di ongkos, hehe.. Ngga papa, demi pengabdian pada zauji, tak jabanin kemenong menong dah ^^

Kalau 3 dapur gini (Kos Zauji, kos saya, rumah Ciganjur-khusus sabtu minggu di Jkt) harus bener-bener supeer teliti untuk masalah keuangan. Perjalanan ke tegal juga penuh perhitungan : buat transport, makan, jalan-jalan, harus cukup.. Soalnya uda minggu terakhir belum gajian, tahu sendiri pasti uda pas-pas an.. Untuk makan, ternyata walaupun saya tiap tahun ke Tegal, zauji lebih tahu tempat makan yang uenak n murah (at least sesuai budget laah). And our wisata kuliner begin :

  • Soto Tegal.. Yang Satu ini emang khasnya Tegal, soto sauto atau tauco. Ngiler lagi deh nih sambil nulis. Kemarin kita makan di Soto Tegal yang deket alun-alun namanya Warung Pojok, belakang pos polisi gitu kayanya, tempatnya nyelempit. Kalau saya and big family Tegal, seringnya pas lebaran pulang Tegal, makannya di RM. Sedap Malam daerah Slawi, Adiwerna. Kalau yang di Sedap Malam ada kriuk nya, jadi tulang-tulang gitu diremukin, dijadiin remahan ditaruh diatas sotonya, mak kriiuukk, wenak tenan. Sayang kalau yang kemarin zauji ngajakin, ngga ada kriuknya. Tapi rasanya tetep enak aja sih, kata zauji, dulu disitu juga ada, cuma ngga tau kenapa sekarang uda diilangin kriuknya. Pelayanannya juga ramah, kata zauji, ada pelayan yang muter-muter, kalau pas lagi rame, nanyain ada yang dibutuhin lagi ngga. Bisa minta tambah tauconya, minta sambel, gorengan (oia, gorengannya juga lumayan, tahu tegal n tempe goreng). Kita berdua makan disini dengan menu : 2 soto n nasi, 3 gorengan, teh tawar n teh manis, 3 kerupuk kuning mie (ini kerupuk juga enak, wajibb) = Rp 24.000,- sajaaaaaa
  • Sop Balungan.. Ini sop balung padahal tempatnya dekat dengan rumah familia di tegal yang biasa kita tempatin kalau pas lebaran. Cuma baru tahu kalau ada rumah makan ini. Enaknya makan siang-siang, atau bisa juga makan pagi. Seperti kuah sop buntut, cuma isinya ada tulang-tulang yang masih ada daging yang nempel (tapi empuk banget kalau diambil pake sendok langsung lepas, digigit juga ngga perlu kaya orang berantem ma makanan, langsung leepp) , daging dan jeroan dikit. Langsung kemringet deh. Pengen banget ntar balik lagi kesitu. Kalau kata Om n Budhe yang tinggal deket situ, emang pertamanya enak cuma kalau uda lama-lama biasa aja katanya. Kita makan : 2 Sop balung plus nasi, teh tawar, teh manis, jadinya : Rp 25.000,-
  • Nasi Ponggol Setan.. Nasi ponggol emang khas Tegal juga, sebenernya isinya sih cuma kaya orek tempe tapi pedeess, tempenya dari tempe semangit kayanya (tempe yang uda lama, mungkin busuk kali ya, hehe). Tinggal ditambahin mau lauk lain apa, bisa telor bulet, ayam, dll. Cuma kemarin sudah agak habis-habisan, jadi tinggal kebagian telur n kepala ayam aja. Akhirnya saya n suami pesennya : 2 nasi ponggol lauk telur bulet, teh tawar, teh manis, gorengan 2. Total disitu kita habis kurang lebih : Rp 30.000,-
  • Pecak Ikan.. Ini pecak ikan emang mantepp banget sambelnya. Muerah n puedeess. Abis makan itu, zauji sampek kewaregen n kepedesan tentunya. Ada beberapa pilihan ikan : pahi, mujaher atau bandeng. Zauji milihnya pahi, saya lebih suka mujaher. Ditambah sayur asem (emm, menurut kita, sayur asemnya rasanya agak beda dengan sayur asem biasanya), minumnya seperti biasa teh tawar dan teh manis, nasinya 3 (nambah satu buat berdua (^_^). Tempatnya, kalau dari Tegal  menuju Semarang, dia di kiri jalan, setelah Selamat Jalan Tegal, abis jembatan, kiri jalan, agak menjorok ke dalam. Tempatnya warungan kecil, tapi kata zauji kalau hari kerja pas makan siang ruame banget. Menu tadi kita makan berdua mengeluarkan uang kurang lebih : Rp 33.000 (kalau ngga salah inget, atau berapa ya, lupaaaa, nanti tanya zaujii duluu).
  • Bakso Granat Rudal.. Bakso rudal pilihan zauji, tadinya kita mau makan di mi ayam Bangka ke arah stasiun, tapi mepet banget sama jam keberangkatan kereta, takutnya pelayanannya lama, jadilah kita pindah lokasi makan di Bakso Rudal dekat stasiun, deket alun-alun. Rame juga, ada satu bakso yang guedhe, ditambah yang kecil-kecil. Saya pilih yang kecil-kecil semua aja, tapi ternyata yang gedhe menggoda banget, cuma bisa nyicip punya zauji. Kenyaaang. Porsi mi bakso plus teh tawar 2, all cost : kurang lebih Rp 24.000

2 Responses to “Tegal Laka-Laka”


  1. 1 nuki
    January 28, 2011 at 6:02 am

    yg terakhir namanya bakso rudal dek,,bukan granat,,revisi dikit ya,,hehe

  2. February 1, 2011 at 7:07 am

    Iya maaass,hehe.. short term memory lost, byasa..tapi yg penting inget klo mas suamikuuhh..xoxo


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: