30
Sep
10

Rute Angkot Jakarta

 

angkutan bis

angkot kopaja

Jakarta tu ternyata rute angkotnya bisa menjadi sangaad juauuuhh. Salah-salah kaya saya yang uda beberapa kali nyoba rute baru, berakhir dengan jarak tempuh yang smaaakkiinn jauh.. saya ngekos di daerah Pondok Indah coret, dia arteri pondok Indah, masuk ke dalem, jadilah Tanah Kusir II. Pernah saya mau ke kampung melayu, ketemu temen. Bingung ni rutenya,padahal naek busway bisa Cuma bayar Rp 3.500 perak, dari halte busway tanah kusir kostrad langsung harmoni (kalo hari Sabtu Minggu n hari libur ada rute langsungan Lebak Bulus – Harmoni, tapi kalo hari kerja biasa, nyambung dulu di halte Grogol baru pindah jurusan Harmoni) terus pindah yang ke arah kampung melayu ato PGC. Tapi berhubung males ganti2 n pengen nyari rute baru yang lebih cepetan, jadilah naek bis dulu ke prempatan poin square, naek kopaja 20 ke arah senen, baru ke kp.melayu. Dari senen ke kp.melayu kan uda deket. Tapiii ternyata, yang bikin lama adalah perjalanan kopaja 20 ijo jurusan lebak bulus-senen. Ini bis, rute buat sampe senen ternyata puanjaaaang dan laaaamaa.. Nyusur buncit, mampang, kuningan, gambir segala, baru nyampe senen setelah 2 jam perjalanan, bagus ngga pake macet2. Nyambung lagi pake mikrolet jurusan kampung melayu, hufffttt.. Perjalanan yang melelahkan.

 

Another trip, pas ada pelatihan di kantor pusat Juanda, Harmoni. Saya dari Jatirangga, Cibubur pelosok. Naek angkot 44 jurusan Komsen-Kp. Rambutan, langsung tancep Kp. Rambutan. Sebenernya bisa naek Elf 56 dari Plaza Cibubur, cuma kalo hari Sabtu Minggu nyari n nunggunya luaama bener. Makanya inisiatip ke Rambutan. Dari sana sebenernya bisa ke Harmoni naek Bus Trans alias Busway (padahal ni artinya jalan bis yak,tp uda telanjur), transit di PGC langsung ke arah Harmoni. Tapiii, berhubung males jalan ke halte busway rambutan, saya nunggu aja bis yang lewat apa ajalah yang penting jurusannya saya tau. Nongol deh tu kopaja Kp. Rambutan-Blok M no. 507 klo ga salah. Blok M, tau lah, abis dari situ tinggal lurus aja ke arah Sudirman, tinggal naek busway juga bisa sampe Harmoni tinggal jalan. Yak begitu naek Kopaja 507, bayar Rp 2.000 ato 2.500 gtu, saya ditanyain mo kemana, jawab donk Blok M. bapaknya bilang, “okehh rute jauh duduk dulu aja mba..”. hemm, curiga ni, ke arah mana emangnya ni bus. Diikut-ikutin dari pasar rebo dia nyusur kramat jati, lewat PGC (harusnya disini saya sebenernya bisa langsung brenti , naek busway langsung Harmoni ada), trus ga tau deh tu tembus-tembus lewat Kalibata, Pasar Minggu, bener-bener rute asing deh, liat mol-mol baru yang belon pernah liat, ckckk.. perjalanan belum selese karena ini bis masi juga nyusur buncit, mampang, lewat tendean juga deh kayanya, baru deh tu lewat Mabesn (supirnya aja ampe ganti).. uda dari Mabes InsyaAllah uda tau rutenya lah. Tapi karena ga enak uda telat pelatihannya 1,5 jam, tancep lanjut naek teksong. Dari rumah brangkat setengah 9, nyampek kantor di Juanda jam 11.15. Heddeehhhh, nambah sejam lagi saya uda bisa perjalanan Jakarta – Tegal deh. Yah, tapi pastinya ada ibrohnya, males tu emang ngga ada faedahnya. Jalan sedikit ke busway lebih baik daripada males-malesan jalan kaki malah sesat di jalan ga tau juntrungannya. Ibroh lainnya, saya jadi bisa kota-kota, dari Bekasi – Jakarta Timur – Jakarta Selatan sampek Jakarta Pusat melewati rute-rute yang aneh, jalan dari yang beraspal bagus sampek jalan masi dalam perbaikan ^_^

 

Ini bis-bis beserta rutenya yang pernah saya naiki, biar ngga lupa klo suk mben (kapan tau) nanti saya harus pergi kota-kota Jakarta (sebenernya bis-bis di Jakarta tu gampang, ada tulisannya di depannya nomer ama rutenya) :

Patas AC 73 : Kp. Rambutan – Ciledug (bablas tol JORR keluar tol Pondok Indah, nyusur arteri pondok indah)

Patas AC 70 : Kp. Rambutan – Tanah Abang (klo ga salah.. Ni bis lewat tol dalam kota, semanggi, nyusur sudirman, berakhir di wahid hasyim, pool klo sore dari wahid hasyim sampe jam 7 malem)

Kopaja 19 : Tanah Abang – Ragunan (ni kalo saya dari Wahid Hasyim mau ketemu om di mesjid Al Azhar ato mabes, naek bis ini klo diterusin bisa sampe Ragunan, klo ga salah :p belum pernah diterusin sampe sana soalnya. Pernah nyoba angkot ini dari sebrang Polda, kirain ni bis belok di perempatan sarinah ke arah tanah abang blok A gitu, soalnya kalo arah baliknya kita bisa nunggu persis dari jalan wahid hasyim, ternyataa, dia teruuss aja).

Kopaja kuning 102 : Lebak Bulus – … ( ini rute dari lebak bulus, ntar belok di perempatan PIM, nyusur radio dalem, tapi ngga lewat mayestik, nyampe senayan, abis tu poolnya ngga tau mana, byasanya sampe senayan doang, hhe, ongkos jau dekat 2rb)

Metromini merah 72 : Lebak Bulus – Blok M (dari lebak bulus, sama kaya 102, cuma ntar dia belok lewat samping mayestik, berakhir di Blok M, ongkosnya Rp 2rb saja)

Angkot Biru 06A : Jatinegara – Gandaria (kalo abis pulang dari semarang, turun jatinegara mau ke arah cibubur/cileungsi, naek ni angkot biru, turun UKI, pernah waktu ketiduran bentar, keterusan sampe pasar rebo, mentok turun Gandaria, hufftt, bahaya, apalagi waktu itu jam 4 subuh, preman bener ane, sampe jatirangga tante uda khawatir aja kalau kenapa-kenapa, Alhamdulillah selamet)

Patas P2 : Kp. Rambutan – Harmoni (bis ini uda reyot tapi masi tetep operasi, rute naeknya bisa dari rambutan, ato UKI, biasa sih dari UKI, kalo mau ke Harmoni naek ini, nyusur Otista lewat Kampung Melayu, Matraman, Gambir terus langsung Harmoni. Tapi rute dari Harmoni ke Kp. rambutan dia ngga lewat Gambir, dulu pernah nunggu P2 mo ke Gambir ternyata ngga lewat, akhirnya turun Senen :(

Angkot K44 : Kp. Rambutan – Komsen (ini rute dari Kp. Rambutan langsung masuk tol, keluar Cibubur Junction, Jambore, trus luruuus lewat Raffles Hills, RS. Permata Cibubur, RS. Meilia, belok kiri pas depan Plaza Cibubur ke arah Kranggan, Jatirangga AL, AURI, sampek deh ke Komsen)

Kopaja Kuning 509 : Lebak Bulus – Kp. Rambutan (dari lebak bulus, lewat perempatan poin square, nyusur TB Simatupang, sampe Citos, Trakindo, masuk tol JORR keluar Pasar Rebo lanjuttt jalan baru sampai Kp. Rambutan, ongkosnya kalo sampai sebelum masuk tol 2rb, tapi kalo sampe pasar rebo 2.500, rute yang panjaaaang dan laamaaa, apalagi kalau ditambah maceett)

Kopaja Kuning 510 : Kp. Rambutan – Ciputat (rute cepat, karena ngga nyusur TB Simatupang, dari Kp. Rambutan, ni bis nunggu penumpang duduk penuh, lanjut brenti di Pasar Rebo, nunggu penumpang sampai penuuuuh sampe pintu seret ditutup baru jalan masuk tol Pasar Rebo, keluar tol Pondok Indah, ke arah Ciputat UIN)

Angkot Biru M20 : Pasar Minggu – Ciganjur (rute zauji kalo ke rumah Ciganjur, Brigif, lewat samping Trakindo luruus, lewat Cilandak Mall, arah Ragunan)

Ps. Segini dulu, mata uda ngantuk ntar rutenya ditambah lagi ^^ Oia, kalau ada yang mau sharing rute angkot lain yang biasa dinaikin di Jabodetabek boleh juga dishare disini yaa.. Siapa tau pas mau maen kemanaaa gitu biar ngga nyasar angkutannya

About these ads

17 Responses to “Rute Angkot Jakarta”


  1. 1 aal
    September 15, 2011 at 5:46 pm

    mas kalau dari fatmawati mau ke brigif ciganjur naik angkutan apa


    Via MebApp.com

    • September 19, 2011 at 2:44 am

      Afwan baru sempat balas. Tapi koreksi dulu ya, saya “mbak” bukan kategori “mas”.. Fatmawati nya dari mananya?..kalau sudah di perempatan Fatmawati TB Simatupang, tinggal naik 509 warna kuning, atau Kopaja 20 warna hijau (tapi ini jarang, karena biasanya naik tol dari Pondok Indah). Kalau sudah turun di Trakindo, nyebrang, disitu ada M20 mikrolet biru, naik aja, sampai Brigif, bilang aja sama supirnya. Semoga membantu.

  2. February 8, 2012 at 11:23 pm

    Mas, eh mba, nganu, Patas P2 : Kp. Rambutan – Harmoni itu lewat stapsion gambir? masih ada ga di kp. rambutan ya patasnya?

  3. March 1, 2012 at 2:58 pm

    mbak…angkot 44 dr rambutan ke komsen lewat rafles hiils??itu perumahan ya??ada angkotnya ga kedalem kompleks itu??atau cuma ada ojek ajah…

    • May 30, 2012 at 4:14 am

      Maap juga baru bales junita.. Angkot 44 lewat raffles hills,iya itu perumahan yang dulu pernah terkenal karena jadi tmp karantina AFI. Setauku ga ada angkot ke dalem, ada ojek ama taksi didepan perumahan itu. Thx suda mampir

  4. 6 fortune
    September 14, 2012 at 11:36 am

    mbak..mw tanya niy..
    klo yg dr kp.rambutan mw k daerah pondok indah mall itu naik 509 ato 510??
    thank you yaa..

  5. 8 erna
    October 16, 2012 at 6:21 pm

    kalo dari pasar rebo ke pondok indah mall naik biz apaan?
    itu dket ga sama plaza 5 blok d

    • June 26, 2013 at 8:38 am

      Dari pasar rebo ke pim ituuu pertamanya naek kopaja 510 ato 509 , turun di giant carefour lebak bulus, atau naik patas ac73 kalo ini langsung nyampe pim. klo 509/510 abis itu nyebrang , trus naek 102 bisa,p16, deborah, kopaja 86,85, semua yg lewat situ ke pim

  6. November 10, 2012 at 12:57 pm

    Say..kopaja yg kp.rambutan-blok m itu kopaja 57. Jd gemes km mau k harmoni tp naik itu.hihi..

  7. 11 ami
    February 7, 2013 at 3:15 am

    Mas,, mb kalau seumpama mau ke PGC itu gimanah,, kalau dari cibubur (raffles hills) ke PGC itu naik angkot apa..???

  8. 12 Sri rezeki mupani
    April 19, 2013 at 12:58 am

    Mba mau nanya kalo mau ke pasar jatinegara naik apa ya dari munjul

  9. 13 maraa
    April 28, 2013 at 10:30 pm

    mumet moco ne mbak :D
    mbak nak songko stasiun jatinegara ke jl.alternatif cibubur cileungsi-plaza cibubur..
    kui naek opo..
    ono trans J g?

    • June 26, 2013 at 8:30 am

      Maap, lamaaaa bangeett ngga ngeblog dan baru buka lagi. Seko stasiun jatinegara langsung numpak angkot ngarep stasiun 06A, sampe UKI, dari UKI tinggal naek elf warna oranye kemerahan nomer 56, nah klo naek eld 56, ojo kaget kalo penumpangnya juga berlaku sebagai kenek,alias ngumpulin duit. Langsung ntar turun plaza cibubur

  10. 15 Rina
    July 7, 2013 at 3:37 am

    kalo dari bekasi mau ke cibubur naik apa?

  11. September 10, 2013 at 12:18 am

    Kak, kalo dari ps.minggu atau pun karet, ke point square naek apa?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: